Desa Jrahi: Surga yang Terpendam

Pemandangan alam di Jawa Tengah merupakan salah satu keindahan Indonesia yang patut kita syukuri. Wisata di Desa Jrahi misalnya. Desa Jrahi terletak di Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mungkin selama ini banyak yang tidak tahu, Kabupaten Pati memiliki potensi alam, padahal sebetulnya Kabupaten Pati pun memiliki surganya sendiri yang sangat menawan. Pesona alam yang disajikan membuat para wisatawan tertarik untuk mencoba mengunjunginya.

Desa Jrahi juga disebut sebagai Desa Pancasila dan sebagai mini Indonesia. Sebab faktanya, umat di sini memiliki kerukunan yang patut ditiru meski agamanya beragam. Ada Islam, Budha, Kristen dan penganut kepercayaan. Strategi ini sengaja dilakukan masyarakat untuk mengajak para wisatawan lokal maupun internasional untuk mengenal lebih dalam kekayaan dari desa Jrahi tersebut dan diharapkan masyarakat bisa memperkenalkan tradisi dan budaya lokal desa Jrahi kepada masyarakat luas serta mengangkat perekonomian masyarakat di desa Jrahi dan sekitarnya. Salah satu wisata yang ada di desa Jrahi yaitu:

Vihara Saddhagiri

direktoripati.com

Vihara Saddhagiri yang berlokasi di desa Jrahi, kecamatan Gunungwungkal merupakan vihara terbesar di kabupaten Pati, Jawa Tengah. Vihara ini biasa digunakan para penduduk setempat untuk beribadah sehari-hari atau beribadah pada saat hari raya waisak. Selain menjadi tempat beribadah bagi umat Buddha, vihara ini biasa menjadi objek wisata bagi para wisatawan. Bangunannya yang begitu megah dan letaknya yang berada lebih tinggi dibandingkan bangunan lain menjadi salah satu kelebihan dari vihara ini. Tempat ini berada di dekat mbung mini jrahi dan seperti biasanya tempat ini sebagai ikon desa jrahi.

Air Terjun Grenjengan Sewu

Air terjun Grenjengan Sewu merupakan objek wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi jika kamu ke desa Jrahi. Air terjun ini berjarak 8km dari pusat kecamatan Gunungwungkal dan 40km dari pusat kota Pati. Untuk menuju air terjun, wisatawan bisa dengan naik ojek dengan menempuh waktu kurang lebih 20 menit dari jalan utama Desa Jrahi, bahkan bisa dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan ke air terjun mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan berupa pegunungan dan persawahan yang menyejukan hati. Dengan keaadaan alam yang asli dan murninya dan dinginnya air pegunungan jrahi, hal ini bisa menghipnotis para pengunjunganya.

Embung Mini (Mbung Mini Jrahi)

https://rzl40.blogspot.com/2017/07/embung-mini-jrahi-vihara-saddhagiri.html

Embung Mini Jrahi merupakan waduk kecil yang memiliki luas 3200m2, kedalaman 4m serta memiliki kapasitas 11.300m. Terletak di depan Vihara Saddhagiri, tidak jauh dari air terjun Grenjengan Sewu. Dari Embungan Mini kita bisa melihat pemandangan kolam air, Pegunungan Muria dan Vihara Saddhagiri. Sekaligus terdapat rumah pohon yang cukup tinggi, serta mini cafe.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close